Type something and hit enter

author photo
By On
Caranya Belajar Cepat Bahasa Inggris - Terbukti Berhasil! ini adalah dari pengalaman banyak orang dan saya pribadi. Hampir semua orang yang ingin belajar bahasa Inggris salah kaprah bahwa tau tidaknya seseorang menggunakan bahasa asing adalah tergantung kepintarannya. Padahal salah, karena kemampuan berbahasa adalah keterampilan. Semakin sering diasah dan diulang-ulang maka akan semakin mahir dengan sendirinya.

Coba perhatikan, dan bahkan pada diri anda sendiri. Jika seandainya anda adalah orang jawa, pernahkah memikirkan mengapa anda bisa pandai bahasa jawa atau kenapa semua tukang becak di tanah jawa bisa bahasa jawa? Padahal tau kan kalau semua orang di sukumu tidak pandai? Nah, inilah jawabannya, semua karena sering mendengar dan mempraktekkan dan bukan karena pandai. Jadi sama saja dengan bahasa Inggris, ia juga tak memerlukan kepandaian untuk menguasainya, cukup perbanyak listening dan percakapannya maka lambat lain juga akan memiliki kemampuan seperti orang yang lebih dulu mempraktekkannya.

Di bawah ini adalah beberapa tips Caranya cepat belajar bahasa Inggris yang bisa anda praktekkan.

1.  Mulai dengan belajar Tenses

Tenses adalah formula bentuk waktu dalam bahasa Inggris, misalnya kamu mau mempraktekkan dari terjemahan "Saya adalah seorang siswa" maka artinya "I am a Student". Jika kamu mengungkapkannya sekarang berarti sudah betul, tapi kalau kamu ingin menyatakan kalau dulunya kamu adalah sisiwa berarti "am" diganti dengan "was". Sedang kalau misalnya kamu baru mau jadi murid berarti "am: diganti dengan "will be". Nah, itulah sedikit pemahaman soal tenses.

Jadi tenses adalah Caranya mengucapkan ataupun menulis dalam bahasa Inggris yang menyesuaikan waktu terjadinya sesuatu.

Mengapa harus memulai dengan tenses untuk bisa cepat belajar bahasa Inggris?. Ya, karena belajar bahasa sangat erat hubungannya dengan belajar berbagai contoh kalimat. Bagaimana mungkin kita bisa paham cotohnya kalau tidak tahu makna susunan katanya. Dan kalau tidak paham kalimat dalam bahasa inggris tentunya kan tidak mungkin bisa belajar?

Belajar tenses tidak memakan waktu lama. Kalau kamu berotak jenius hanya butuh waktu 2 minggu saja untuk menguasainya. Tapi untuk normalnya antara 2 minggu hingga 3 bulan sudah bisa tuntas. Cukup kuasai ke bentuk pokok waktu dalam bahasa Inggris, yaitu Past (lampau), Present (sekarang) dan Future (akan datang). Jika kamu sudah bisa menguasai 3 bentuk pokok ini beserta rumusnya masing-masing maka akan sangat memudahkan kamu dalam memahami setiap kalimat yang menggunakan bahasa Inggris yang kamu temui.

Untuk mengetahui susunan rumus dari tenses bahasa Inggris, kamu bisa mengunjungi blog teman saya yang sudah menjelaskannya panjang lebar di sini : Caranya Cepat Belajar Bhs. Inggris.

2.  Praktek Kosa Kata

Di sini kamu akan menghafalkan kosa kata dalam bahasa inggris. Jangan takut soal kata "menghafal" karena di sini tidak sama dengan yang umum yang kamu ketahui. karena disarankan cukup kenali minimal 5 kata baru setiap harinya dan langsung dipraktekkan dalam bentuk kalimat. Dengan jalan demikian kamu tak perlu lagi susah-susah menghafal karena dengan praktek langgsung akan lebih mudah dihafalkan.

Untuk bisa bercakap bahasa asing maka paling tidak ada 3000 kata yang sudah kamu kuasai. Nah, untuk bisa dengan mudah mewujudkannya maka kamu cukup praktekkan saran di atas, yaitu dengan menghafal minimal 5 kata saja sehari. Jika dihitung2 dari 360 hari dalam setahun kali 5 maka kurang dari setahun kamu sudah bisa mengucapkan kata-kata sehari-hari yang digunakan, apakah itu semua dengan bahasa inggris atau dicampur dengan bahasa Indonesia, saya kira tak masalah karena semakin lama juga akan semakin sempurna.

3.  Praktek Grammar

Grammer memang termasuk dalam Tenses juga. Seperti misalnya regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tak beraturan) jika jarang mendengar dan mempraktekkan akan sangat sulit ketika kita ingin menyesuaikan penggunaannya saat bercakap. Untuk itu perlu dilakukan pengulangan pengucapan berkali kali dan bukan dengan jalan menghafal.

Cukup targetkan minimal 1 grammer yang selalu diulang-ulang selam seminggu maka kurang lebih 40 gramatikan bahasa Inggris akan kamu kuasai dalam setahun.

Dengan menggabungkan ketiga tips Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris di atas maka lambat laun kamu akan merasakan bedanya dengan belajar seCaranya monoton sebagaimana di ajarkan di banyak tempat kursus. Dan jangan lupa baca juga : Caranya Menggunakan Kamera DSLR dan Caranya Setting Modem Smartfren

Click to comment