Type something and hit enter

author photo
By On
Proses Memasak Dan Kreasi Resep Makanan Tumisan - Tidak sedikit orang menyukai masakan tumisan. Mungkin karena praktis dan mudah proses pembuatannya. Percaya atau tidak, masakan serba tumis dan oseng sering menjadi pilihan untuk disajikan kepada keluarga tercinta.namun terkadang para ibu kesulitan menetukan menu masakan serba tumis dan oseng yang mudah dan hemat tenaga.Memasak adalah sebuah proses mengubah bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap saji dengan suatu proses.

Masakan tumis jika dibandingkan dengan yang dimasak biasa memang lebih enak, selain itu aromanya lebih harum. Hanya saja kalau salah atau berlebihan menggunakan minyak, apalagi minyak sisa penggorengan, maka bukan saja rasa dan aromanya yang tidak enak, tapi juga tidak baik untuk kesehatan. Karenanya, disarankan menggunakan margarin agar lebih sehat dan lebih sedap.

Berikut ulasan lengkap Caranya Memasak Makanan Tumisan (Resep, Proses, dan Kreasi Menu) dan penjelasannya:

•    Menggoreng

Proses mematangkan makanan di dalam wajan dengan menggunakan minyak yang banyak dan dengan api yang besar.

•    Menumis

Proses mematangkan bahan makanan atau bumbu didalam wajan dengan menggunakan sedikit minyak. Selain bumbu bisa juga menumis sayuran.

•    Mengungkap

Proses meresapkan bumbu pada makanan, dengan sedikit air atau santan diatas api kecil sampai bumbu meresap dan air menyusut atau mengering.

•    Merebus

Proses mematangkan masakan dengan menggunakan air yang banyak dengan Caranya direbus direbus sampai mendidih.

Keempat Caranya diatas adalah cara-Caranya yang biasa dilakukan saat memasak.untuk info bahan-bahan yang digunakan untuk memasak adalah sebagai berikut:

1.    Asparagus

Warnanya hijau teksturnya agak lunak.proses memasaknya tidak membutuhkan waktu lama bagian yang digunakan adalah batang bagian atas dan ujungnya.

2.    Genjer

Bagian genjer yang digunakan adalah bagian daun,batang dan bungany.proses memasaknya cukup membutuhkan waktu sebentar karena terasa renyah ketika disantap.

3.    Bawang merah

Bawang merah merupakan penyedap rasa terkenal di asia.ukurannya kecil dan berwarna merah.rasanya pedas dan aromanya khas selain untuk bumbu masakan,mentahnya dapat dibuat acar atau sambal kecap.bawangnya yang diiris dan digoreng biasanya dipakai untuk taburan masakan.penggunaannya bisa diiris halus atau dihaluskan.

4.    Bawang putih.

Aromanya cukup tajam.satu buah bisa terdiri dari beberapa siung. Untuk mendapatkan aroma atau wangi yang khas, memarkan bawang putih beserta kulitnya untuk memunculkan wangi.penggunaannya bisa diiris, dimemarkan,dicincang kasar/halu. Untuk masakan tumisan biasanya bawang putih dimasukan pertama kaliagar aromanya terserap kedalam minya.bawang putih ada yang berumbi tunggal dan digunakan untuk acar.

5.    Bawang bombay 

Selain sebagai hiasan, dagingnya yang besar dan tebal sering digunakan untuk bumbu masakan.misalnya digunakan untuk masakan oseng-oseng dan tumisan.penggunaan untuk masakan tumisan sebaiknya jangan terlalu lama agar rasanya tetap renyah. Ada 3 jenis dari bawang bombay yaitu yellow onion,white onion dan red italian onion.yang hanya ada dipasar swalayan tertentu. Penggunaannya bisa diiris bulat atau kasar.

6.    Cabai merah keriting

Tekstur dari cabai ini keriting dan bentunknya ramping.warnanya merah untuk masakan cabai ini kurang memberi warna merah pada masakan.rasa cabai ini cukup pedas/sedang tingkat kepedasannya. Cabai merah keriting cenderung lebih kering dan tidak mengandung banyak air.banyak digunakan untuk sambal.

7.    Cabai rawit

Ukuran cabai rawit ini cenderung kecil bentuknya juga bermacam-macam.ada lancip,tumpul. Warna cabai ini ada merah,hijau,hijau muda kuning. Untuk rasa, cabai yang muda kurang pedas sedangkan cabai tua rasanya sangat pedas. Penggunaannya untuk masakan biasanya tidak terlalu banyak yang cabai tua biasa digunakan sebagai lalapan untuk masakan bakmi,gorengan atau jajanan pasar.

8.    Cabai merah besar

Bentuk cabai ini ukurannya besar dan ujungnya runcing.warnanya merah terang.rasa cabai ini tidak terlalu pedas biasa digunakan untuk mempercantik tampilan masakan bisa dipotong kecil-kecil, memanjang/dibelah untuk mempercantik sebelum penyajian kandungan air pada cabai ini sangat banyak

9.    Cabai hijau

Cabai hijau hampir sama dengan cabai merah besar, bentuknya besar dan ujungnya runcing.rasanya tidak terlalu pedas dan aromanya juga khas.kandungan air cabai ini juga banyak.kandungan air cabai ini untuk menajamkan aroma masakan.bisa juga untuk mempercantik tampilan masakan dengan Caranya dibelah atau dipotong.

10.    Pare ular

Pare atau peria ular biasa di dapat dipasar tradisional.pare ular tidak memiliki kerutan seperti pare. Proses memasaknya tidak terlalu lama agar mendapatkan warna hijau yang bagus dan rasanya renyah.rasanya tidak pahit jika dibandingkan dengan pare.

11.    Brokoli

Teksturnya agak keras, dan baunya agak langu.bagian brokoli yang dimakan adalah brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau. Caranya terbaik mengolah brokoli adalah dengan Caranya dikukus atau ditumis. Atau dibuat sup.

Berikut resep masakan tumis brokoli wortel tahu putih

resep masakan tumis
Bahan:

•    ¼ g brokoli,potong,rebus selama 5 menit. Masukan ke dalam air es,rendam selama 3 menit
•    Kupas 2 buah wortel potong tipis
•    2 buah tahu putih, potong dadu
•    1 gelas air matang
•    1 gelas air matang
•    2 buah cabai hijau,potong serong
•    3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu :

•    3 siung bawang merah,iris tipis
•    2 siung bawang putih,iris tipis
•    Gula dan garam secukupnya

Resep Caranya membuat:

1.panaskan minyak, tumis semua bumbu sampai harum.
2.masukan tahu,wortel. Aduk rata.
3.tambahkan air,biarkan sampai mendidih.
4.masukan brokoli dan cabai hijau aduk sebentar.
5.angkat masakan dan sajikan.

Sebenarnya ada banyak sekali resep masakan tumis yang bisa kami bagi hanya saja contoh di atas sudah bisa mewakili sebagai panduan umum untuk dipraktekkan pada jenis masakan lainnya.


Demikian resep Caranya Memasak Makanan Tumisan (Resep, Proses, dan Kreasi Menu) semoga bisa membantu anda dalam belajar atau mempraktekkan menu baru di dapur anda untuk disajikan pada keluara atau tamu yang berkunjung serta pada aCaranya resmi yang menuntut adanya penyajian makanan yang istimewa. Selanjutnya, baca juga CaraCenter lainnya seperti Caranya Melihat Pengumuman Sertifikasi Guru dan lainnya di :
  1. Caranya Membuat Kue Kering (Kue Nastar)
  2. Caranya Membuat Kue Kering (Kue Coklat)
  3. Caranya Membuat Kue Kering (Kue  Kacang)
  4. Caranya Membuat Kue Kering (Kue  Keju)

Click to comment