Type something and hit enter

author photo
By On
Caranya Mengatasi Masalah Sosial (Berbagai Sumber) merupakan persoalan yang paling sering terjadi di setiap negara yang masih tergolong berkembang. Di antara faktor yang paling sering menjadi penyebab timbulnya masalah sosial adalah karena faktor ekonomi, psikologi, biologis dan budaya.

Keempat faktor pemicu tejadinya maslah sosial yang disebutkan di atas hanya bisa ditangani jika dilakukan seCaranya bersama-sama dengan bantuan berbagai pihak, termasuk pemerintah yang memegang peran penting dalam pembentukan regulasi yang mampu mengatur semua pihak.

Semua orang tentu sudah tahu bahwa setiap masalah ada pemecahannya, hanya saja kalau tidak dilakukan dengan baik bisa saja tidak membuahkan hasil dan mungkin juga akan menimbulkan masalah baru yang juga butuh pemecahannya.

Pengertian Masalah Sosial?

Mengetahui ada atau tidaknya masalah sosial dalam sebuah masyarakat, maka kata 'Kesenjangan"lah yang paling tepat menggambarkannya. Atau seCaranya istilah dapat juga dikatakan bahwa adanya masalah sosial ketika antara keinginan atau harapan yang didambakan oleh individu atau pun kelompok tidak tercapai. Pada tataran inilah yang kemudian menimbulkan dampak beragam dilingkungan masayrakat, seperti terjadinya krisis moral di antara anak muda jaman sekarang yang kondisi realnya ditandai, salah satunya, dengan seringnya terjadi tawuran antar pelajar.

Hal di atas dapat terjadi jika setiap orang hanya peduli pada masalahnya sendiri. Dewasa ini, tiap pagi hingga pagi kembali banyak orang hanya memikirkan kerja dan mencari nafkah, khususnya di kota-kota besar.

Penyebab Terjadinya Masalah Sosial dan Caranya Mengatasinya

1. Faktor Ekonomi

Di kota-kota besar yang penuh dengan gedung bertingkat bukan berarti terbebas dari persoalan ini, dan bahkan banyak sekali yang mengalami penderitaan akibat kesenjangan ekonomi yang tidak mendapat perhatian.

Faktor ekonomi ini terjadi karena antara jumlah penduduk dan lapangan pekerjaan tidak sebanding. Sehingga, banyak orang yang mengalami pengangguran dan dari titik inilah persoalan baru yang mengkhawatirkan timbul, termasuk contoh yang dipaparkan di atas.

Untuk mengatasi masalah ini bukan hanya sekedar menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup saja, tapi juga bagaimana memberikan pembekalan pada semua warga tentang kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang bernilai ekonomis. Sehingga tanpa harus memikirkan terpenuhnya kebutuhan setiap individu, semua sudah bisa mandiri mencari dan memenuhi kepentingannya dari apa yang mereka peroleh dari pembekalan tersebut.

2.  Faktor Budaya

Tingkah laku dan prilaku sangat erat dengan penilaian budaya pada suatu golongan masyarakat. Masayarakat yang berbudaya cenderung memiliki sifat-sifat positif yang dapat memelihara kesenjangan di antara mereka. Sebagai contoh masyarakat yang memiliki budaya saling tolong menolong maka tentunya prilaku tersebut akan mengurangi terjadinya kesenjangan antara mereka, sehingga yang lagi mengalami masalah mudah memecahkannya dengan bantuan sekitarnya.

Jika bentuk kehidupan seperti di atas dapat dibangun, maka masalah perpecahan dan sosial lainnya akan dengan sendirinya berkurang dan berbuah dengan kehidupan yang harmonis dalam satu lingkungan.

3.  Faktor Psikologis

Faktor ini erat kaitannya dengan kepribadian dan pila pikir pada tiap individu di masayrakat. Jika keadaannya tergangu dan tidak ditangani maka akan bersinggungan dengan kehidupan disekitarnya yang pada akhirnya akan membuat masalah. Misalnya saja soal keyakinan yang sesat atau aliran sesat yang sering muncul belakangan ini. Terkadang persoalan ini muncul karena pengetahuan yang kurang. Ketika ini tidak dipecahkan seCaranya cepat oleh peran pemerintah maka akan meluas persoalannya yang pada akhirnya kehidupan sosial akan terganggu.

4.  Faktor Biologis

Ini erat kaitannya soal kesehatan. Jika banyak dan maraknya penyakit menular di kalangan masayarakat yang tidak bisa ditangani tentunya akan menimbulkan masalah sosial. Pola hidup sehatlah yang paling tepat dalam penanggulangan persoalan seperti ini.

Bagaimana Caranya Mengatasi Masalah Sosial ?

Peran Orang Tua.

Rumah adalah tempat mendidik terbaik bagi setiap anak, makanya peran orang tua menjadi sangat penting di sini. Sering kali memberikan nasehat pada anak dan juga teguran yang baik setiap kali ada kesalahan, ini akan dengan sendirinya membentuk prilaku yang baik bagi mereka, nah dengan jalan inilah awal dari menghindari dan menangani masalah sosial.

Peran Teman dan Kerabat

Setiap orang pasti punya teman, apakah itu teman akrab atau teman biasa saja. jika tejadi suatu masalah bagi sahabat kita maka sedapat mungkin membantu memecahkan masalahnya atau paling tidak memberikan pesan dan saran apa yang sebaiknya dilakukan.

Peran Pemerintah

Dari semua faktor yang disebutkan di atas, pemerintah dapat melakukan campur tangannya. Pada faktor ekonomi tentu lapangan pekerjaan dan berbagai pelatihan yang menjadi jawaban tepatnya. Pada faktor psikologi tentunya dengan menghimbau pada semua penyuluh agama agar melakukan dakwah yang relevan dengan persoalan yang dihadapi rakyatnya sehingga paling tidak dapat mengurangi masalah yang terjadi.

Semoga Caranya Mengatasi Masalah Sosial (Berbagai Sumber) ini dapat menjadi bahan rujukan bagi semua dan memberi manfaat lebih pada pengunjung setia blog ini! Jangan lupa baca juga : Caranya Belajar Cepat Bahasa Inggris dan

Click to comment