Type something and hit enter

author photo
By On
Caranya Menggunakan DSLR (Tips Kamera DSLR) -  Sekarang ini banyak sekali kamera digital yang beredar di pasaran dengan berbagai tipe dan merek, hanya saja untuk kamera DSLR pamornya tak pernah turun. Untuk kalangan profesional jauh lebih memilih jenis ini karena selain kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih dan beragam, juga karena setting atau pengaturan di dalamnya jauh lebih kompleks yang sangat cocok digunakan untuk kalangan yang sudah ahli di bidang pemotretan

Banyak sekali teknik dan istilah yang sering digunakan dalam pemakaian camera DSLR ini, misalnya saja istulah panning, yaitu teknik dimana menjadikan gambar seperti bergerak dalam kecepatan tinggi sehingga gambarnya bagaikan dihembuskan angin, teknik blur dan lain sebagianya yang memungkinkan penggunanya melakukan kreasi berbagai foto menarik yang ditangkap pada setiap moment.

Selain teknik dasar menggunakan DSLR, penerapan setting gambar dari hasil pemotretan juga perlu dilakukan agar hasilnya lebih terlihat profesional, yatiu dengan menggunakan software khusus pengeditan gambar, misalnya saja Photoshop dan lain sebagainya.

Memahami moment penting saat harus membidik sebuah keadaan atau suasana adalah juga hal penting yang harus dipelajari dalam penggunaan kamera DSLR. Seperti memperhatikan pencahayaan, posisi objek, serta efek lain yang mempengaruhi kualitas suatu gambar pada saat detik dimana bidikan diarahkan.

Memahami Komponen Dasar Dalam Penggunaan Kamera DSLR

1.  Tombol Pengaturan DSLR

Untuk contoh pengeditan saya pilih merek Canon karena selain yang paling banyak digunakan juga merupakan yang paling baik kualitasnya. Jika kamu seorang amatiran atau pemula maka tak perlu repot untuk melakukan pengaturan, kamu bisa menggunakan setting Auto atau tomatis tanpa melakukan hal lain. Tapi bila kamu ingin mendapatkan hasil gambar layaknya seorang yang telah profesioanal, maka di antara yang disarankan adalah dengan menggunakan pengaturan Tv, yaitu pengaturan dimana si pemotretlah yang menentukan kecepatan shuternya sehingga bisa seCaranya tepat melakukan pembidikan pada moment yang pas. Atau pada setting Av yang merupakan kebalikan dari Tv tadi, dimana kamralah yang memiliki peran menentukan kecepatan shot pada gambar. Dan lain sebagainya.

2.  Lensa

Kalau kamu menggunakan DSLR maka tentu harus paham juga lensa apa yang pas untuk penggunaan kamera ini. Salah satu merek yang banyak dipilih oleh pakarnya adalah yang buatan Canon. dan Di antara yang baik adalah  Lensa EF (electrofocus). Jenis lensa kamera ini bisa digunakan pada DSLR Canon EOS Film (35mm) atau pun pda EOS lainnya. Dan bila anda menghendaki kualitas foto yang lebih tajam maka disarankan menggunakan Lensa EF yang memiliki spek lebih tinggi, yaitu L-series (luxury). Keunggulannya adalah tahan terhadap ganguan cuaca yang terjadi saat pemotretan dan dari segi kualitas optiknya juga ranking #1. Biasanya ciri lensa ini ditandai dengan adanya garis merah di pinggirnya seperti gambar di bawah :

3.  Lampu Kilat. 

Pada pemilihan jenis bagian kamera ini anda bisa memilih di antara high speed sync (FP mode) atau wireless.Untuk FP mode keunggulannya adalah kecepatan bidiknya, namun kekurangannya bisa membuat baterai cepat berkurang dayanya karena ia akan menyala selama kamera digunakan. Sedangkan untuk yang jenis wireless adalah lebih hemat baterai dengan setting seCaranya nirkabel. Jadi up-to-you  mau pilih yang jenis apa.

Kualitas produk DSLR.

Disini kami menyarankan tiga jenis tingkatan sesuai keahlian fotografer. Yaitu kamera DSLR EOS beginner dengan tipe antara lain EOS 1000D, 500D, dan 550D, kemudian kamera DSLR EOS untuk golongan di atas pemula yaitu antara lain EOS 60D dan EOS 7D, dan terakhir untuk tingkat yang sudah tergolong profesional bisa memilih jenis EOS 1D mark IV, dan EOS 1Ds mark III. Anda sendiri yang bisa mengukur berada pada kemampuan mana, tinggal pilih yang pantas dengan keahlian anda.

Tips dan Teknik Caranya Menggunakan DSLR (Kamera DSLR)

1.  Teknik DOF (Depth of field)

Yaitu membidik gambar dengan DSLR dengan membuat background gambar lebih buram dari objek utamanya, seperti wajah lebih jelas. Biasanya koran atau majallah banyak menggunakan trik ini untuk mengambil gambar seseorang dikeremununan untuk membuatnya lebih jelas.

2.  Teknik freeze

Yaitu mengambil gambar bergerak yang cepat supaya tampak seperti gambar diam. Caranya setting ini adalah dengan mengatur kecepatan shuuter hingga 1/1000 detik atau 1/8000 detik yang tentunya tetap dengan cahaya yang terang untuk memperoleh hasil lebih prima.

3.  Teknik movement

Yaitu dengan menggunakan kecepatan shutter hingga 1/5 detik atau 1 detik dengan keadaan  kamera statis akan membuat gambar seakan bergerak dengan efek seperti angin berhembus disekitar objek utamanya.

4. Teknik panning

Hampir mirip dengan teknik movement hanya saja tampak gambar objek lebih terang dari backgroundnya. Caranya, awalnya pilih tombol shutter ½ untuk mengunci objek lalu bidik gambar bergerak dalam keadaan camera DSLR mengikuti gerakan objek hingga kecepatan gerak antara kamera dan objek sebanding , lalu tinggal tekan Bidik. Tapi jangan sampai terlalu lama sehingga kamu kehilangan objek atau moment pentingnya.

Bagaimana Caranya menggunakan DSLR (tips kamera DSLR) yang anda temukan disini? Jika ada saran dan masukan jangan lupa  harus diperbaharui dari artikel ini. Selain itu, kedepannya kami juga akan menampilkan lebih banyak lagi informasi menarik yang berkaitan dengan teman ini, jadi selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi yang lebih seru lainnya. Baca juga CaraCenter lainnya : Caranya Setting Modem Smartfren dan Caranya Mengurus Jamkesmas dan Caranya Edit Foto Online

Click to comment