Type something and hit enter

author photo
By On
Caranya / Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita - Anak batuk merupakan masalah bagi seorang tua, ini karena jika balita ataupun bayi batuk akan membuat ibu repot karena mereka tidak mau ditinggal dan kadang selalu minta digendong.

Selain selalu minta gendong, anak yang mengalami batuk sering kali tidak lagi aktiv seperti biasanya, dimana mereka kadang tidak mau main dan selain itu juga malas makan yang bisa membuat badannya semakin kurus dan tidak sehat, untuk itu seorang ibu perlu tau Caranya mengatasi batuk pada balita. Bukan hanya menggunakan obat kimia tapi juga obat herbal alami dan tradisional yang banyak tersedia yang mudah diramu.

Penanganan batuk bayi/balita dilakukan dengan tujuan yang mengarah langsung pada dahaknya, selain mengencerkan juga ditujukan untuk mengurangi gejala yang terjadi. Batuk pada anak menimbulkan iritasi pada tenggorokan, hidung tersumbat, serak dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi keadaan kesehatannya.

Nah, berikut ini beberapa obat alami-tradisional yang bersumber dari bahan herbal untuk mengobati/mengatasi batuk khusus pada balita. Kelebihan dari tips ini adalah karena dosis-nya sudah dicantumkan sehingga aman dari efek samping.

Sumber Tulisan ini : Buku ” Mengatasi Penyakit Pada Anak dengan Ramuan Tradisional” yang disusun pleh dr. Lestari Handayani, M.Med (PH) dan Dra. Herti Maryani.
obat batuk anak

1.  Ramuan Garam + Kencur.

Bahan dan Pembuatan
Ambil kurang lebih 3 jari kencur, kemudian bersihkan dan kupas kulitnya. Setelah itu parut hingga halus. Hasilnya campur dengan sedikit garam dan 3/4 cangkir air yang sudah dimasak atau simplenya pakai air galon saja.

Dosis Pemakaian Obat Batuk
Bayi berusia 7 s/d 11 bln : 4 x 1 sdt Sehari
Anak berusia 1 s/d 2 thn : 4 x 1 sdm Sehari
Anak berusia 3 s/d 5 thn : 4 x 1 1/2 sdm Sehari

2.  Bunga Belimbing + Bawang Merah

Ramuan Obat
1 bawang merah
1 Bunga belimbing wuluh
1/4 buah pala
1/2 gelas air bersih
1 sdm gula batu

Caranya mengolah ramuan :
Iris tebal bawah merah dan hancurkan kasar buah pala, setelah itu rebus bersama air dan tambahkan bunga belimbing dan gula batu. Sebaiknya semua campuran bahan disimpan dalam mangkok tebal, selanjutnya dikukus (jangan direbus) kurang lebih 15 menit setelah mendidih dan saring air hasil kukusannya untuk diminum.

Dosis obat batuk:
Bayi berusia 7 s/d 11 bln : 4 x 1 sdt Sehari
Anak usia 1 s/d 2 thn : 4 x 1 sdm Sehari
Anak usia 3 s/d 5 thn : 4 x 1 1/2 sdm Sehari

Semua ramuan obat batuk di atas hanya ampuh mengatasi kalau pantangannya juga dihindari. Di antara yang disarankan untuk tidak dikomsumsi anak saat batuk adalah makanan yang banyak mengandung minyak, seperti gorengan. Selain itu, makanan dan minuman dingin serta yang pedas sebaiknya dihindari agar proses kerja obat di atas dapat terasa khasiatnya.

Semoga Caranya / Ramuan Untuk Mengatasi Batuk Khusus Balita ini bisa menjadi solusi yang bermanfaat buat semua pengunjung blog ini. Namun, kami berharap agar ini bukan artikel terakhir yang anda kunjungi dari blog sederhana ini, karena ada banyak sekali sulusi dan Caranya yang bisa anda baca di sini. Baca juga artikel CaraCenter lainnya yang lebih menarik :  Caranya Membuat Kue Kering Lengkap dan Caranya Membuat Scree Shot dari Layar Komputer PC

Click to comment