Type something and hit enter

author photo
By On
Caranya Menghitung Usia Kehamilan dan Waktu Lahir - Rumus HPHT merupakan ilmu penting bagi setiap calon ibu yang sudah positif hamil, dan juga bagi seorang bidan baru tentunya karena akan diterapkan pada banyak pasiennya nanti.

HPHT sendiri adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir yang merupakan rumus Neagele. Rumus ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui atau menghitung usia kehamilan tapi juga kita dapat memprediksi dengan tepat kapan waktu lahir terjadi.

Caranya perhitungan usia kandungan dengan HPHT ini akan sangat tepat jika diterapkan pada wanita yang memiliki siklus atau waktu haid yang teratur setiap bulannya, karena dengan demikian menghitung kapan waktu hari pertama setelah mengalami menstruasi dapat disamakan dengan semua bulan.

Kegunaan dari paham Caranya menghitung usia kehamilan dan waktu lahir bayi anda sendiri adalah untuk memberikan kesempatan pada ibu dalam mempersiapkan dan memperlakukan kandungannya sebagaimana mestinya. Maksudnya, kalau kita dapat memprediksi dengan baik bulannya dan paham perkembangan pertumbuhan tubuh janin dalam kandungan berarti kita akan paham apa saja yang sebaiknya dilakukan dan dihindari agar kesehatan dan tumbuh kembang janin bisa maksimal dan demikian pula hal-hal yang tidak diinginkan bisa kita hindari.
usia kehamilan waktu melahirkan

Caranya Menghitung Usia Kehamilan dan Waktu Lahir - Rumus HPHT

Dalam menggunakan rumus ini maka yang dilakukan adalah dengan melakukan penghitungan pada hari, bulan dan tahunnya saja dengan hitungan tertentu, yaitu dengan Caranya menambahkan angka tujuh (7) pada tanggal awal dari waktu haid terakhir, lalu pada bulannya dikurangi 3 dan pada tahunnya ditambahkan 1. Dan adapun pada bulan yang tidak dapat dikurangi 3 seperti bulan januari dan februari maka solusinya ditambahkan 9 sedang pada tahunnya tidak ditambah dan dikurangi lagi. dengan demikian kita bisa memberikan contoh seperti di bawah ini :


Misalnya saja HPHT seorang calon ibu adalah 17 Desember 2009, maka perhitungannya :

(17 + 7) (12 - 3) (09 - 1)
= 24 - 9 - 2010

Jadi, hari perkiraan lahirnya adalah pada tanggal 24 bulan september 2010. Gampang kan?

Adapun untuk mengetahui usia kehamilan anda maka tinggal melihat tanggal di atas, berarti pada tanggal 24 Januari usia kehamilan sudah 1 bulan, pada tanggal 24 Februari sudah 2 bulan dan demikian seterusnya hingga bulan September dimana sudah memasuki waktu melahirkan bagi seorang ibu.

Dan agar mendekati prediksi yang tepat maka disarankan untuk waktunya ditambah atau dikurangi 7 hari karena umumnya terjadi demikian.

Banyak orang saat ini lebih memilih melakukan USG dengan bayaran yang mahal di kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000 tapi apa salahnya kalau kita juga belajar dan tahu caranya, apalagi sebelum kita melakukan konsultasi ke dokter kandungan karena dengan jalan demikian kita punya pengalaman tersendiri menjalani kehamilan dengan usaha yang kita lakukan.

Semoga Caranya Menghitung Usia Kehamilan dan Waktu Lahir - Rumus HPHT ini bermanfaat bagi semua yang sedang mengandung dan ingin tahu pasti kapan buah hatinya menghirup udara segar dan terlihat di dunia yang fana ini. Baca juga Caranya Menghilangkan Ketombe, Bau Mulut dan Caranya Daftar BBM untuk Android dan Iphone

Click to comment